Pelajaran yang sangat begitu penting diajarkan dalam semua tingkatan tataran pendidikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Di dalamnya terdapat empat keterampilan yang harus dikembangkan guru kepada peserta didiknya. Adapun empat keterampilan tersebut yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam hal ini kemampuan membacalah suatu keterampilan yang sangat diperlukan. Penelitian ini beranjak dari sebuah permasalahan yang ditemukan dilapangan dimana masih terdapat peserta didik yang kurang begitu menguasai dalam kemampuan membaca. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN 1 Rubung Buyung yang terpilih dari hasil pretest. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan yang mana hasilnya berupa penjelasan secara deskriptif dari subyek yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sebuah pengaruh metode multisensori yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas awal. Hasil menunjukkan bahwa terdapat sebuah peningkatan kemampuan membaca walaupun tidak begitu signifikan tetapi hal ini menjadi sebuah hal yang positif bagi peserta didik Kata Kunci: kemampuan Membaca, Metode Mutisensori
Copyrights © 2024