Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 3 No. 1 (2025): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

Mengembangkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar

Andini, Nurawaliyah Putri (Unknown)
Hamzah, Rahma Ashari (Unknown)
Hasanah, Jannatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan kemampuan berbahasa yang berkembang setelah keterampilan menyimak dan berperan penting dalam mengekspresikan ide, pikiran, dan perasaan secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengertian, karakteristik, fungsi, metode pengembangan, tantangan, dan solusi dalam pengembangan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar (SD). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan sumber data berupa buku, artikel jurnal, dan literatur relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara melibatkan tata bahasa yang benar, intonasi yang sesuai, dan keberanian berbicara di depan umum, yang semuanya penting untuk memperkuat hubungan sosial dan mendukung proses pembelajaran. Metode seperti diskusi, bermain peran, presentasi, dan bercerita dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan ini. Namun, terdapat tantangan seperti rasa malu, kurang percaya diri, dan keterbatasan kosakata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan berbicara merupakan pondasi penting dalam kehidupan siswa, yang tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia yang semakin kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...