Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan lagu sebagai alat bantu dalam menghafal cerita Alkitab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di kelas IV SD Kristen 03 Wonosobo. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya daya ingat siswa terhadap isi cerita Alkitab yang disampaikan secara konvensional melalui metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode lagu dapat meningkatkan daya ingat siswa terhadap isi cerita Alkitab. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, serta mampu menceritakan kembali isi cerita dengan lebih runtut dan lengkap. Penerapan lagu terbukti membantu siswa memahami isi cerita Alkitab secara lebih menyenangkan dan bermakna. Selain itu, metode ini juga memperkuat keterlibatan emosional dan sosial siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, lagu dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam pengajaran PAK, khususnya untuk materi berbentuk naratif seperti cerita Alkitab.
Copyrights © 2025