Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang. Penelitian ini, menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Desain œPottest-Only Control Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 sjkjhiswa dan kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan dari hasil posttest dikelas eksperimen yang diberikan perlakuan pemberian reward memperoleh nilai rata-rata 75,51 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 55,89 Serta melalui pengujian hipotesis dengan uji t atau independent sampel T-test diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 dan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” (4,875)> ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (2,003) yang bearti ð»ð‘œ di tolak dan ð»ð‘Ž diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 136 Palembang.
Copyrights © 2023