Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas VI SDN 066050 Medan Denai melalui penerapan media pembelajaran berbasis teknologi berupa video scribe. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 066050 Medan Denai T.A. 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pra-siklus, hanya 40% siswa yang mampu menyelesaikan pembelajaran dengan baik, dengan skor rata-rata 67,42. Setelah penerapan video scribe, terjadi peningkatan yang konsisten pada setiap siklus. Pada siklus pertama, tingkat penyelesaian siswa meningkat menjadi 70%, dengan rata-rata skor mencapai 72,2. Peningkatan lebih besar terjadi pada siklus kedua, di mana 90% siswa mampu mencapai kriteria ketuntasan, dengan rata-rata skor 76,4. Peningkatan ini menunjukkan bahwa video scribe mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep tata surya melalui pendekatan pembelajaran yang menarik, visual, dan interaktif.
Copyrights © 2024