kepemimpinan yang efektif memiliki peran penting dalam membentuk kualitas pendidikan, terutama dalam konteks pendidikan Islam yang tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga pengembangan spiritual dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis model kepemimpinan yang paling efektif dalam lingkungan pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis. dimana data dikumpulkan dari berbagai Sumber penelitian dikumpulkan dari data seperti Google Scholar, Scopus, jurnal ilmiah, buku dan laporan penelitian yang berkaitan dengan kepemimpinan dalam Pendidikan dan nilai-nilai islam, lainnya. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan transformasional yang diintegrasikan dengan nilai-nilai islam profetik (kenabian) merupakan pendekatan yang paling efektif. Kepemimpinan transformasional, dengan fokusnya pada motivasi, inspirasi, dan pemberdayaan individu, dapat mendorong inovasi dan kinerja yang tinggi di lembaga pendidikan. Ketika model ini dikombinasikan dengan prinsip-prinsip Islam seperti keteladanan (uswah hasanah), keadilan ('adl), musyawarah (syura), dan spiritualitas (ruhiyah), seorang pemimpin tidak hanya mampu mengelola organisasi secara efisien, tetapi juga menjadi panutan moral dan spiritual bagi seluruh komunitas akademik.
Copyrights © 2025