IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 3, No 1 (2023): IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian kepada Masyarakat

PKM Pendampingan Perencanaan dan Pengembangan Karir di SMK

Rais, Muhammad (Unknown)
Aryani, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Abstrak. Pelaksanaan pengabdian ini memfokuskan mengenai pengembangan mitra yaitu meningkatkan pemahaman mengenai perencanaan dan pengembangan karir sesuai dengan potensi diri bagi siswa dalam menuju masa depan sukses dan juga pendampingan dalam pembuatan perencanaan karir serta tahapan mewujudkannya, yang dilakukan dengan metode pelatihan dimulai dari pemberian materi secara interaktif dan berbasis aktivitas dan dilanjutkan dengan pendampingan penggunaan aplikasi U-career dan juga pembuatan perencanaan karir, yang dilaksanakan di Lapangan SMKN 9 Makassar. Berdasarkan hasil evaluasi prores dan hasil diperoleh hasil respon positif dari peserta serta pihak yang terlibat, hal ini dapat terlihat dari antusian peserta dengan aktivitan selama sekgiata. selain itu dari hasil refleksi juga memberikan respon yang sangat baik dengan meningkatnya pemahaman bagi peserta, dan merekomendasikan agar program pengabdian ini dilanjutkan karena sangat memberikan dampak pemahaman bagi siswa SMK utamanya yang akan memasuki dunia kerja di era digital agar memiliki daya saing dengan perencanaan dan pengembangan karir yang baik. Kata Kunci: Pengembangan Karir, Siswa SMK, Pengabdian Masyarakat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IPTEK

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...