Meningkatkan kualitas promosi perpustakaan merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu layanan dengan menyesuaikan karakteristik pemustaka. Setiap perpustakaan mempunyai strategi dan efektifitas berbeda dalam promosi di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan tik tok. Hal ini menarik untuk dikaji lebih lanjut atau perlu dilakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi promosi dan media sosial yang efektif dalam promosi di Perpustakaan Universitas Jember. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Memberikan gambaran tentang strategi promosi dan media sosial yang paling efektif dalam promosi. Subjek penelitian berjumlah 50 pemustaka. Sampel diambil berdasar teknik purposive sampling.dari pemustaka yang aktif minimal dua media sosial yaitu sejumlah 40 pemustaka. Skala pengukuran menggunakan skala likert yaitu Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, Sangat Tidak Setuju, dengan media sosial sebagai obyek penelitian adalah facebook, instagram, twitter, youtube dan tik tok. Penelitian dilakukan di Perpustakaan Universitas Jember tanggal 11 Mei – 11 Juli 2023. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google form, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan strategi promosi diterapkan dengan teknik mengelompokkan jenis konten yaitu All for User, Library Event, Library Services Promotion serta Campaign Literasi dan strategi promosi yang paling efektif dilakukan adalah melalui instagram.
Copyrights © 2024