Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2025): Oktober

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbantuan Padlet Pada Siswa Kelas VII SMP Harapan 1 Medan

Yulia, Yulia Nadhira (Unknown)
Uci Rahmadhani (Unknown)
Rizky Fauzan Akbar (Unknown)
Syairal Fahmi Dalimunthe (Unknown)
M. Surip (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran menulis puisi di kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan masih menghadapi berbagai kendala, seperti kesulitan dalam pemilihan diksi, menemukan ide, penggunaan majas, serta rendahnya rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbantuan Padlet guna meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B SMP Harapan 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Padlet membantu siswa dalam memperkaya diksi, meningkatkan kreativitas dalam menemukan ide, serta mendorong penggunaan majas yang lebih variatif. Selain itu, Padlet juga meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam menulis puisi. Dengan demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran menulis puisi terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kopula

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kopula: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan adalah suatu jurnal terbit dua kali setahun (Maret dan Oktober) yang dipublikasikan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Mataram. Kopula pertama diterbitkan pada tahun 2019 sebagai wadah untuk mempublikasi hasil ...