ALFAMATH: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 2 (2024): ALFAMATH: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Budaya Sumbawa Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas IV SDN Desa Beru Pada Materi Bangun Datar

Laela, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika budaya sumbawa diharapkan dapat membantu guru untuk menyampaikan materi dengan waktu yang lebih singkat dengan tujuan pengembangan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari e-modul berbasis etnomatematika budaya sumbawa untuk meningkatkan motivasi siswa pada kelas IV SDN Desa Beru. Penelitian ini termaksud penelitian pengembangan (Development research) e-modul berbasis etnomatematika budaya sumbawa dari Borg and Gall dengan instrumen untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis data untuk validasi ahli media, materi, bahasa, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa (1) e-modul berbasis etnomatematika buaya sumbawa yang dikembangkan, diperoleh data dari 4 validator ahli media, dengan presentase 86,37% pada katagori sangat valid, 4 validator ahli materi dengan presentase 90,9% pada katagori sangat valid dan 4 validator ahli bahasa dengan presentase 92,6% pada katagori sangat valid, (2) e-modul berbasis etnomatematika budaya sumbawa berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh data presentase dari respon siswa uji lapangan di kelas IVa SDN Desa Beru dengan presentase 89,12% pada katagori sangat praktis. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari data yaitu 92,64% pada katagori sangat terlaksana (3) keefektifan e-modul berbasis etnomatematika dilihat dari hasil siswa mengerjakan angket motivasi dan di peroleh data hasil uji lapangan di kelas IVa SDN Desa Beru, dengan presentase rata-rata 87,28% pada katagori sangat efektif. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Desa Beru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ALFAmath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ALFAMATH: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA was established through a collaboration between Yayasan Pendidikan Intan Cendekia and the Indonesian Mathematical Society (IndoMS) Region Bali-NTB-NTT. The journal focuses on disseminating innovative ideas and significant developments in mathematics education. ...