Abstrak Manajemen merupakan prosesi perencanaan, pengorganisasian, pengrahan serta pmberdayaan sumber daya pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan dengan efektif dan efesien. Pembelajaran merupakan upaya segenap guru dalam mendesian instruktional, menyelenggrakan kegiatann belajarr-mengajarr (KBM), mengevaluasihasil belajar yang merupakan hasil pembejaran. Seorang pendidikk perlu memiliki ketrampilan dalam pengelolan pembelajara yang meliputii tiga tahap kegiatan, diantaranya membuat perencanaan pembelajara, melakukan proses pembelajara, dan melaksanakan evaluasii pembelajara. Rencana pembelajara itu dasar bagi peseta didik guna menerima pengalaman belajar di kelas. Perencanan pembelajaran meliputi penatan guru (pendidik), peserta didik dan tenaga administrasi, penggunaan metode, materil, prosedur yang merupakan unsur-unsur perangkat pembelajaran yang terorganisasi dengan sistematis dan sistematik. Kata Kunci: Manajemen, Evaluasi, Pembelajaran Abstract Management is the proces of planing, organizing, directing and controlling educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. Learning is the teacher's effort in designing instructional, organizing teaching-learning activities, evaluating learning outcomes in the form of teaching outcomes. An educator must have skills in learning management which includes three stages of activities, including making lesson plans, carrying out the learning process, and carrying out learning evaluations. The lesson plan is the basis for students to receive the learning experience in the classroom. Learning plannig include the arrangement of teacher (educator), students and administrative staff, the use of methode, materils, procedures which are elements of learning tools that are organyzed systematicaly and systematically. Keywords: Management, evaluation, learning
Copyrights © 2022