Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Peran Lingkungan Teman Sebaya Dalam Kenakalan Remaja Pada Kelas IX SMPN 06 Kota Bengkulu

Sa’adah, Diana Zumrotus (Unknown)
Wulandari, Tri (Unknown)
Margareta, Selvina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan teman sebaya dalam kenakalan remaja pada kelas IX SMPN 06 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan atau orang yang bertindak sebagai pemberi informasi dalam penelitian ini adalah siswa IX SMPN 06 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan wawancara, kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di kelas IX SMPN 06 Kota Bengkulu terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya lemahnya pemahaman remaja terhadap nilai-nilai agama dan tidak ada kesadaran dalam menjalankan kewajiban sebagai umat islam, sehingga para remaja sering meninggalkan kewajiban ibadah shalat, serta lemahnya pertahanan diri remaja sehingga tidak berani menolak ajakan teman yang mengajak melakukan perbuatan yang tidak baik. Sementara faktor eksternal yang mempengaruhi kenakalan remaja yaitu faktor lingkungan rumah tangga dan faktor lingkungan masyarakat sekitar dimana remaja tinggal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...