Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Resolving Conflicts Cooperatively terhadap sikap toleransi beragama siswa di kelas XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN. Jenis penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan model one-group pretest-posttest Design. Pengambilan responden penelitian ini secara purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN berjumlah 7 siswa dengan tingkatan sikap toleransi beragama rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test). Hasil Analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji asumsi, data memenuhi kriteria normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, hasil uji hipotesis memperoleh nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05), yang mengidentifikasi adanya peningkatan sikap toleransi beragama siswa secara signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik resolving conflicts cooperatively.
Copyrights © 2025