Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Resolving Conflicts Cooperatively Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Di Sma Swasta Utama Medan

Kustiana, Dinda Putri (Unknown)
Lubis, Saiful Akhyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan Teknik Resolving Conflicts Cooperatively terhadap sikap toleransi beragama siswa di kelas XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN. Jenis penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dengan model one-group pretest-posttest Design. Pengambilan responden penelitian ini secara purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA SWASTA UTAMA MEDAN berjumlah 7 siswa dengan tingkatan sikap toleransi beragama rendah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test). Hasil Analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan uji asumsi, data memenuhi kriteria normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, hasil uji hipotesis memperoleh nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05), yang mengidentifikasi adanya peningkatan sikap toleransi beragama siswa secara signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik resolving conflicts cooperatively.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...