Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Arrochman, Anggi (Unknown)
Khaerunnisa, Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Kemampuan koneksi matematis pada sebagian besar peserta didik ditemukan masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu pembelajaran inovatif yang mendukung peningkatan kemampuan koneksi matematis, salah satunya adalah Problem Based Learning. Adversity Quotient merupakan ketahanan seseorang saat dihadapkan dengan kesulitan, sehingga akan mempengaruhi langkah-langkah menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan literatur pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review. Data dikumpulkan dengan mengkaji dan melakukan identifikasi artikel-artikel yang relevan dengan topik penelitian ini. Artikel yang dikaji dalam penelitian ini berjumlah 20 artikel jurnal nasional terindeks SINTA yang diperoleh dari Google Scholar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif Problem Based Learning terhadap kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Siswa dengan tingkat AQ tinggi/climber cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis tinggi, siswa dengan tingkat AQ sedang/camper cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan tingkat AQ rendah/quitter cenderung memiliki kemampuan koneksi matematis rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...