Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

DESAIN PEMBELAJARAN ALJABAR BERBASIS PMRI MELALUI PERMAINAN CLUE PADA SISWA SMP

putri islamy, diah (Unknown)
Lismareni, Neni (Unknown)
Mayreista, Dita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue untuk membantu pemahamnan konsep siswa. metode penelitian ini menggunakan desain pembelajaran (design research) yang merupakan salah satu bentuk pendekatan kualitatif. Subjek, tempat dan waktu penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI dan seorang guru dikelas tersebut sebagai guru model. Teknik pengumpulan data menggunakan rekaman video, observasi, wawancara, dokumentasi, tes dalam bentuk soal essay. Hypothetical Learning Trajectory (HLT ) yang telah diterapkan dalam penelitian ini telah menjadi lintasan belajar (learning trajectory) yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan juga membantu siswa untuk menemukan dan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue siswa semakin tertarik untuk mempelajari aljabar serta menyelesaiakan persoalan yang ada di LKPD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...