Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lintasan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue untuk membantu pemahamnan konsep siswa. metode penelitian ini menggunakan desain pembelajaran (design research) yang merupakan salah satu bentuk pendekatan kualitatif. Subjek, tempat dan waktu penelitian ini melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMI dan seorang guru dikelas tersebut sebagai guru model. Teknik pengumpulan data menggunakan rekaman video, observasi, wawancara, dokumentasi, tes dalam bentuk soal essay. Hypothetical Learning Trajectory (HLT ) yang telah diterapkan dalam penelitian ini telah menjadi lintasan belajar (learning trajectory) yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan juga membantu siswa untuk menemukan dan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Melalui pendekatan PMRI menggunakan permainan clue siswa semakin tertarik untuk mempelajari aljabar serta menyelesaiakan persoalan yang ada di LKPD
Copyrights © 2025