Berdasarkan hasil diskusi antara tim pengajar Kimia Dasar  Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau, diketahui bahwa kompleksnya permasalahan pada pembelajaran Kimia Dasar. Permasalahan utamanya adalah rendahnya kemampuan berfikir dan penguasaan materi mahasiswa, oleh karena itu melalui penelitian ini ingin mencoba menyelesaikan permasalahan dengan penelitian tindakan kelas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik probing telah memberikan keseuntungan untuk memecahkan permasalahan seperti yang dihadapi  pada pembelajaran Kimia Dasar, oleh karena itu teknik probing digunakan pada mata kuliah ini. Desain penelitian yang digunakan model spiral yang dikemukakan oleh Lewin, yang terdiri dari empat langkah  yaitu, perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, melakukan pengamatan (observasi), dan analisis efektifitas tindakan (refleksi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik probing dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan penguasaan materi mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar I. Kata kunci: Kemampuan berfikir, teknik probing
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015