Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan
Vol. 10 No. 2 (2024): Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan

Impelementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Ta’limul Muta’allim di Pondok Pesantren

Dewi, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran metode Amtsilati dalam membaca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin Al-Baisuny. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggukanan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini ialah dengan melalui proses reduksi data, tahap menyajikan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Amsilati dalam membaca kitab kuning ini menunjukkan bahwa bentuk pembelajarannya dengan menggunakan: metode Amtsilati, kemudian dalam proses pembelajaran Amtsilati ialah menggunakan tahapan mulai guru membaca kata-kata yang terdapat di kitab kuning kemudian menjelaskan makna-maknanya dan santri bersama-sama membaca nadzom-nadzom yang sudah diberikan sehingga santri menjadi terbiasa dan lebih mudah menghafalnnya. Kemudian menggunakan media dalam pembelajaran, serta waktu pembelajaran yang efektif. Sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran metode “Amsilati” ialah pengajar yang bersemangat, evaluasi dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya ialah: rendahnya motivasi belajar, serta lingkungan yang kurang mendukung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, ISSN 2598-8115 (print) and 2614-0217 (electronic) is published twice a year (Juli and December) by the Graduate Program IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal departs from philosophy and Religious Education, which aims at ...