Pada era globalisasi saat ini, semakin banyaknya keluhan masyarakat dan kemajuan layanan kesehatan di Indonesia telah meningkatkan harapan terhadap Puskesmas (klinik kesehatan masyarakat) yang terjangkau dan berkualitas tinggi. Layanan kesehatan harus memenuhi kebutuhan pasien dan berhasil menanggapi pandangan masyarakat sambil memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk memenuhi tugas dan kewajibannya. Setiap Puskesmas diharapkan dapat bekerja lebih baik untuk menegakkan standar ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan analisis komentar terhadap pelayan di dalam Puskesmas Waimagura. Pendekatan Naive Bayes akan digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen masyarakat sebagai bagian dari analisis. Dua pendekatan akan dibandingkan untuk mengevaluasi keakuratan masing-masing. Balasan positif atau negatif akan dikategorikan menggunakan kategorisasi sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keakuratan kedua metodologi yang diuji dan menawarkan wawasan tentang kualitas pelayan di Puskesmas Waimagura berdasarkan komentar pengunjung. Tingkat keakuratan kedua pendekatan akan dipastikan dengan memanfaatkan alat RapidMiner untuk menilai hasilnya.
Copyrights © 2024