Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol. 16 No. 1 (2025): Vol. 16 No. 1 Mei (2025)

Analisis Tren Penjualan dan Strategi Harga di E-Commerce Menggunakan Exploratory Data Analysis

Fakhrana, Indira Fildah (Unknown)
Voutama, Apriade (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Menganalisis tren penjualan dan strategi harga di e-commerce menggunakan Exploratory Data Analysis (EDA). Dengan meningkatnya persaingan di industri digital, pemahaman pola penjualan dan efektivitas strategi harga menjadi penting bagi pelaku bisnis. Studi ini mengeksplorasi hubungan antara harga satuan, total harga, biaya pengiriman, dan pola pembelian dalam jumlah besar. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga satuan memiliki korelasi kuat dengan total penjualan, sementara biaya pengiriman tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, produk bernilai tinggi seperti laptop dan monitor lebih banyak dibeli dalam jumlah besar, menandakan potensi strategi pemasaran berbasis B2B. Tingginya tingkat pengembalian barang mengindikasikan perlunya peningkatan kualitas produk dan efisiensi logistik. Dengan memahami pola ini, e-commerce dapat mengoptimalkan strategi harga, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mempertahankan daya saing di pasar digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...