JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 8, No 2 (2025): JIMB - VOLUME 8 NOMOR 2 SEPTEMBER 2025

PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING TOKO KIMORA GORONTALO

Rizma, Rizma (Unknown)
Hinelo, Raflin (Unknown)
Niode, Idris Yanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Strategi Social Media Marketing terhadap keunggulan bersaing Toko Kimora, 2) pengaruh Strategi Kualitas Pelayanan terhadap keunggulan bersaing Toko Kimora, 3) pengaruh Strategi Social Media Marketing dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap keunggulan bersaing Toko Kimora. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Purposive Sampling yaitu sebanyak 100 orang. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian ini Menggunakan Kuesioner yang dibagikan Kepada Pengunjung Toko Kimora, di Kota Gorontalo. Alat uji Analisis yang digunakan dalam menguji Penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa Hasil Uji t (parsial) 1) Sosial Media Marketing berpengaruh terhadap keunggulan bersaing ditunjukkan dengan nilai thitung 5.155 ttabel 1.290, 2) Kualitas Pelayanan Berpengaruh Terhadap Keunggulan Bersaing ditunjukkan dengan nilai thitung 4.726 ttabel 1.290, 3) hasil uji secara simultan menunjukkan Fhitung 30.673 Ftabel 2.70 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya variabel Sosial Media Marketing dan Kualitas Pelayanan Secara Simultan Mempengaruhi Keunggulan Bersaing dengan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 38.7% dikategori rendah, sedangkan sisanya 60.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam Penelitian ini seperti Variabel Harga, Kepuasan Pengguna, Kualitas Produk, dan Sale.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...