JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 3 (2025): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 3 JANUARI 2025

PENGARUH REVIEW BEAUTY INFLUENCER MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK SERUM VITAMIN C UNTUK KULIT WAJAH BERMINYAK

Angela, Divana Bianca (Unknown)
Yulia, Elvyra (Unknown)
Atmanto, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review beauty influencer media sosial TikTok terhadap Minat Pembelian produk Serum Vitamin C The Originote untuk kulit Wajah Berminyak pada mahasiswa D4 kosmetik dan perawatan kecantikan Tahun angkatan 2020 – 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif korelasional asosiatif. Sampel non-probabilitas dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini merupakan kosumen yang pernah menonton review beauty influencer media sosial TikTok dan tertarik membembeli produk serum Vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak pada mahasiswa D4 kosmetik dan perawatan keacantikan Universitas Negeri Jakarta tahun angkatan 2020 – 2021. Sampel yang digunakan berjumlah 50 responden. Dengan usia 22 hingga 24 tahun dan merupakan pengguna aktif media sosial TikTok. Variabel penelitian yang diteliti yakni review beauty infuencer media sosial TikTok (X) dan minat pembelian serum vitamin C untuk kulit wajah berminyak (Y). berdasarkan Hasil uji-t diperoleh nilai siginifikansi varibel X dan variabel Y adalah 0,080 0,05, sehingga Ho diterima Ha ditolak. Yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara review beauty influencer media sosial TikTok terhadap minat pembelian produk serum vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak. Pada uji koefisien detreminasi didapatkan hasil sebesar 0,062 yang berarti review beauty influencer media sosial TikTok berperan sebesar 6,2% terhadap minat pembelian produk serum vitamin C The Originote untuk kulit wajah berminyak. Sisanya sebesar 93,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...