JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 3 (2025): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 3 JANUARI 2025

PENGARUH FASILITAS WISATA DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA HIU PAUS BOTUBARANI

Hamid, Febriyanti Putri (Unknown)
Wolok, Tineke (Unknown)
Juanna, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Hiu Paus Botubarani. Populasi penelitian ini adalah wisatawan atau pengunjung yang pernah mendatangi tempat wisata di Hiu Paus Botubarani yang jumlahnya tidak diketahui dan dapat dikatakan tidak terhingga. Teknik pengambilan sampelyang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling Methods. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Alat uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini refresi linier berganda. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPPS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) fasilitas wisata berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisata hiu paus botubarani, (2) citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan hiu paus botubarani, (3) fasilitas wisata citra destinasi simultan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung wisatawan hiu paus botubarani. Artinya, kedua pengaruh dari variabel tersebut dapat saling mempengaruhi satu sama lain dan memperkuat adanya kunjungan wisatawan di hiu paus botubarani. Sehingga jika wisatawan meningkat maka pendapatan daerah pun akan meningkat sejalan dengan jumlah kunjungan yang semakin tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...