Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi E-Commerce dan lingkungan bisnis terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 12,20%. Semakin baik strategi e-commerce yang dilakukan oleh Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo maka akan meningkatkan keputusan pembelian bahkan preferensi pembelian konsumen atas produk yang diproduksi dan ditawarkan. (2) Lingkungan bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 59,50%. Semakin kondusif dan baik lingkungan bisnis dalam suatu kegiatan usaha maka keputusan pembelian konsumen di Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo akan semakin tinggi. (3) Strategi e-commerce dan lingkungan bisnis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Industri Mikro Kecil Pangan di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi sebesar 71,70%. Sedangkan sisanya sebesar 28,30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti variabel kualitas produk, harga jual produk, promosi, lokasi usaha, Brand Image, kualitas pelayanan dan aspek sosial serta psikologi konsumen.
Copyrights © 2023