Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah
Vol. 32 No. 01 (2025): April 2025

SINTESIS NILAI HUMANISME, EKSISTENSIALISME, DAN FUTURISME DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ubaidillah , Ubaidillah (Unknown)
Rohman, M. Imdadur (Unknown)
Angraeini, Naal Hira (Unknown)
pengelola, pengelola (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) menghadapi tantangan besar untuk tetap relevan di tengah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan dinamika masyarakat modern. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai-nilai dari aliran filsafat pendidikan Barat, khususnya humanisme, eksistensialisme, dan futurisme, dan mengaitkannya secara kritis dengan pengembangan Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai ketiga aliran tersebut memiliki titik temu dengan prinsip-prinsip dasar PAI, seperti penghargaan terhadap martabat manusia, tanggung jawab personal, dan kesiapan menghadapi perubahan zaman. Artikel ini menawarkan sintesis konseptual untuk membentuk kurikulum PAI yang lebih kontekstual, reflektif, dan transformatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tasyri

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

The scopes of the journal include the following topic areas: Teachers Education of Economy, Curriculum and Teaching, Education of Economy, Learning Media Education of Economy, Leadership and Management of Education of Economy, Information Technology, Communication and Education of Economy, ...