Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan belajar sholat anak melalui media animasi berbasis android “Ayo Sholatâ€. Hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan bahwasannya kemampuan belajar sholat anak belum tercapai secara maksimal, dan penggunaan media pembelajaran terbatas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, dan dilaksanakan di TK Budi Luhur dengan subjek uji coba sebanyak 33 peserta didik yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam uji coba media animasi berbasis android “Ayo Sholat†adalah uji coba ahli media memperoleh nilai presentase sebesar 93,75% yang termasuk pada kategori (Sangat Layak) untuk digunakan dalam pembelajaran, ahli materi sebesar 90% (Sangat Layak) untuk digunakan dalam pembelajaran, uji coba perorangan sebesar 82,42% (Layak) untuk diterapkan dalam pembelajaran, kelompok kecil sebesar 83,63% (Layak) untuk terapkan saat pembelajaran, dan kelompok besar sebesar 90,82% (Sangat Layak) untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis android “Ayo Sholat†sangat layak untuk digunakan dalam menstimulasi kemampuan belajar sholat pada anak.
Copyrights © 2023