Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 6 No 1 (2024): Oxygenius : Journal Of Chemistry Education

Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Mobile Learning Menggunakan Metode SDLC (System Develop Life Cycle) Pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kristen Pais Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud

Binilang, Reddy (Unknown)
Gumolung, Dokri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi media pembelajaran interaktif mobile learning menggunkan metode SDLC (System Develop Life Cycle) terhadap hasil belajar siswa di SMA Kristen Pais Kalongan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain One-Group pretest-posttest design, yang merupakan penelitian menggunakan satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA Kristen Pais Kalongan dan sampel terdiri dari 1 kelas, yaitu kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest setelah proses pembelajaran. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih pretest dan posttest pada kelas eksperimen 48.9 dan 88.3. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis uji-t pada taraf nyata (α) = 0.05 didapat : thitung = 4.95 dan ttabel = 2.26.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...