Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning pada materi hukum-hukum dasar kimia di kelas XA SMA Negeri 2 Langowan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XA SMA Negeri 2 Langowan tahun pelajaran 2022/2023 semester genap berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, dokumentasi dan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan data hasil tes dan data observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian, ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebesar 91,667% dengan kategori tinggi, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai ≥80 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning pada materi hukum-hukum dasar kimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024