Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 5, No 2 (2025): Oktober

Analasis Impementasi Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Pada Guru Penggerak di SD

Muliadi, Muliadi (Unknown)
Firdaus, Firdaus (Unknown)
Lestari, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 71 sebanyak 45 orang yang sekaligus dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui angket (kuesioner) yang mengukur dua variabel, yaitu kondisi ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai korelasi (r hitung) sebesar 0,739 dengan nilai signifikansi < 0,001, yang lebih besar dari r tabel (0,294) pada taraf signifikansi 5%. disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara kondisi ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa. Semakin baik kondisi ekonomi orang tua, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya dukungan ekonomi keluarga dalam mendorong semangat dan kemandirian belajar anak di sekolah dasar. Penelitian ini berdampak pada pemahaman bahwa kondisi ekonomi orang tua berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi orang tua dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan dukungan ekonomi maupun fasilitas belajar agar prestasi siswa dapat optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...