Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik belajar mereka. Berdasarkan angket analisis kebutuhan, guru dan siswa menginginkan media yang menarik, interaktif dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa seperti multimedia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa tiga video pembelajaran animasi yang dirancang sesuai dengan angket kebutuhan. Media dikategorikan sangat layak berdasarkan hasil validasi ahli, dengan persentase 96,67% dari ahli media dan 90% dari ahli materi. Hasil uji coba skala kecil dan skala besar menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau p < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Temuan ini membuktikan bahwa media Artistic and Visual Expression berbasis multimedia layak dan efektif digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi.
Copyrights © 2025