Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning Tipe round TableĀ dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V UPT SPF SDN Garuda. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SPF SDN Garuda tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I hasil pengamatan pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi Cukup (C) dan hasil tes keterampilan menulis pada kualifikasi Cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil pengamatan pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi Baik (B) dan keterampilan menulis berada pada kualifikasi Baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning Tipe Round Table dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V UPT SPF SDN Garuda.
Copyrights © 2025