Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Melalui Kata Acak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

Nurhidayati, Siti (Unknown)
Patta, Rahmawati (Unknown)
Saputri, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis kalimat sesui kaidah huruf kapital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 187 Sumber Agung. Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis kalimat melalui kata acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap siklus 1 nilai persentase 37,5%, nilai maksimal 83, dan nilai minimal 23. Pada tahap siklus 2 diperoleh nilai persentase 100 %, nilai maksimal 98, dan nilai minimal 71. Dari hasil tindakan siklus 1 dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan teknik kata acak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 187 Sumber Agung dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...