Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 8 Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan analisis data kualitatif dan skor indikator yang diperoleh dari observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 55%, dan observasi aktivitas siswa mencapai 61% termasuk kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru dengan persentase keberhasilan sebesar 66% dan observasi aktivitas siswa mencapai 74% termasuk kategori cukup. Selanjutnya pada siklus III observasi guru berada pada kategori baik dengan persentase keberhasilan sebesar 88%, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan kategori baik dengan persentase keberhasilan sebesar 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 8 Rappang.
Copyrights © 2024