EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 3 (2025)

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IV DAN V DI SDN 9 NAGRIKALER

Mulyana, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2025

Abstract

This study aims to describe the role of teachers in shaping the religious character of fourth and fifth grade students at SDN 9 Nagrikaler. Religious character is a crucial aspect of character education that must be instilled from an early age so that students develop attitudes and behaviors that reflect religious values in their daily lives. As educators, teachers hold a strategic responsibility in this character formation process, both through classroom learning, habituation activities, and extracurricular programs. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were fourth and fifth grade teachers and students at SDN 9 Nagrikaler. Data analysis was conducted through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that teachers play an active role in shaping students' religious character through exemplary behavior, habituation, and reinforcement of religious values in daily school activities. Activities such as communal prayers, Qur’an recitation (tadarus), congregational prayers, and flag ceremonies infused with religious messages are part of the teacher’s strategy to instill religious character. Supporting factors include cooperation between teachers and parents, a conducive school environment, and support from the principal. Inhibiting factors include a lack of awareness among some students and limited instructional time. The conclusion of this study is that the role of teachers is highly significant and influential in shaping students’ religious character, especially through consistent and continuous efforts within school activities. This research is expected to serve as a reference for teachers and school administrators in developing character education based on religious values at the elementary school level. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas IV dan V di SDN 9 Nagrikaler. Karakter religius merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini, agar peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab strategis dalam proses pembentukan karakter tersebut, baik melalui pembelajaran di kelas, kegiatan pembiasaan, maupun kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan V serta peserta didik di SDN 9 Nagrikaler. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan aktif dalam membentuk karakter religius peserta didik melalui keteladanan, pembiasaan, dan penguatan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Kegiatan-kegiatan seperti doa bersama, tadarus Al-Qur’an, salat berjamaah, serta pelaksanaan upacara yang disisipkan dengan nilai religius menjadi bagian dari strategi guru dalam menanamkan nilai karakter religius. Faktor pendukung dalam pelaksanaan peran ini antara lain adalah adanya kerja sama antara guru dan orang tua, lingkungan sekolah yang kondusif, serta dukungan dari kepala sekolah. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kurangnya kesadaran sebagian peserta didik dan keterbatasan waktu pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran guru sangat penting dan berpengaruh dalam membentuk karakter religius peserta didik, khususnya melalui pendekatan yang konsisten dan berkesinambungan dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru maupun pihak sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai religius di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...