An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021

Teknologi Pendidikan Ruang Lingkup dan Telaah dalam Perspektif Pendidikan Islam

Salekun, Salekun (Unknown)
Shofiyuddin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Teknologi pendidikan telah mengalami banyak dinamisasi serta mengisyaratkan bahwa teknologi pendidikan bisa bermakna pemanfaatan media pembelajaran untuk melakukan transfer ilmu pengetahuan secara efektif kepada siswa. Budiman menjelaskan bahwa secara spesifik tidak akan ditemukan pengertian teknologi pendidikan Islam sebab pada dasarnya teknologi itu adalah sebuah sarana dan bukan merupakan objek kajian dari pendidikan Islam hanya saja secara substansi teknologi pendidikan itu begitu dibutuhkan dalam proses pendidikan maupun pembelajaran agama Islam. Bila teknologi itu merupakan sebuah media atau alat maka eksistensi teknologi dalam pendidikan Islam itu begitu dibutuhkan seperti kata mutiara, al-Thariqat ahammu minal maddah (metode [alat] lebih penting daripada materi). Kata mutiara tersebut cukup menyadarkan bahwa peran alat dalam dunia pendidikan Islam bisa lebih diutamakan daripada materi yang disajikan. Pendidikan Islam mempunyai sesuatu kekuatan yang sangat signifikan dipertahankan atau dikembangkan. Hal ini mungkin dapat dilihat dari tataran filosofis atau konseptual dan pengalaman selama ini dari lembaga-lembaga pendidikan Islam yang dari waktu ke waktu telah mampu tumbuh di tengah-tengah dinamika masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...