Pendidikan dirumuskan berdasarkan persepsi terhadap manusia tentang hakikat manusia, tujuan hidup manusia serta bagaimana akhir perjalanan hidup manusia, apakah hanya hidup sekali di dunia ataukah ada kehidupan berikutnya setelah kehidupan dunia (manusia memperoleh konsekwensi dari amal perbuatan yang telah dilakukan di dunia).Dimensi spiritualitas menjadi landasan diberbagai bidang pendidikan Konsep spiritualitas mengandung unsur nilai transenden, yang dalam pengalaman praktik mengajar, diintegrasikan oleh guru dlam kehidupan faktual dengan mengaitkan nilai-nilai tersebut terpadu dalam seluruh tingkah lakunya. Spiritualitas merepresentasikan kebermaknaan guna menghasilkan pengalaman puncak, baik berupa pikiran, perasaan, dan perilaku untuk menuju nilai yang agung. Nilai ini yang akan mempengaruhi guru dalam mendidik dan mengajar. Membanguan pola penddikan yang berparadigma spritual padagogik, harus didukung oleh guru yang mempunyai karakteristik sebagai pendidik yang berwawasan spiritual. jiwa kepemimpinan spritual siswa perlu ditanamkan dan disemai dalam pendidikan spriritual yang dilakukan secara berkesinambungan Dalam artikel ini, penulis membahas tentang pengertian pendidikan islam, perkembangan pembelajaran PAI dan rekonstruksi metodologi pembelajaran PAI. Dalam penulisan artikel ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Penulis mengelaborasi tentang pendidikan islam, artikulasi Pendidikan Agama Islam agar proses pembelajarannya lebih bermakna (meaningful process).
Copyrights © 2022