Problematika yang dihadapi oleh guru dalam implementasi kurikulum merdeka di madrasah terletak pada penyesuian dengan perubahan kurikulum, sumber daya yang terbatas dan kurangnya pedoman yang jelas. Kajian ini bertujuan untuk memformulasikan peran yang harus dilakukan guru madrasah pada pengembangan dirinya dalam implementasi kurikulum merdeka melalui diklat dalam jabatan. Dari hasil pembahasan, diklat guru dalam jabatan memungkinkan pemahaman filosofi, prinsip, dan tujuan Kurikulum Merdeka. Pemilihan metode dan strategi dalam pelaksanaan diklat guru bertumpu pada tujuan pelatihan, kebutuhan peserta, dan konteks pengajaran sehingga peserta diklat dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Langkah-langkah diklat guru dalam jabatan meliputi : (1) analisis kebutuhan diklat untuk memformulasikan solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah di tempat kerja; (2) perencanaan program diklat, mencakup identifikasi kebutuhan pelatihan, penetapan tujuan dan sasaran pelatihan, serta perumusan strategi dan rencana tindakan untuk mencapai tujuan tersebut; (3) aktivitas pelaksanaan, melibatkan implementasi rencana pelatihan yang meliputi pengorganisasian, pemilihan metode dan pendekatan; (4) evaluasi program diklat bersifat holistik dengan analisis data untuk menentukan kekuatan dan kelemahan program.
Copyrights © 2023