An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 5 No. 1 (2025): Mei 2025

Pemikiran Tasawuf Amali Perspektif Sejarah Pendidikan Islam

Wahyudi, Mukhammad (Unknown)
S.A.P., Rangga Sa'adillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Artikel ini ditulis dalam rangka mengkaji pemikiran tasawuf secara umum dan khususnya dalam lingkup amaliah yakni tasawuf amali yang berjalan secara priodik mulai zaman nabi Muhammad SAW hingga saat ini.. Kajian yang dilakukan dalam kajian ini bersifat library research yakni, menjelaskan dan mendalami berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal, kitab, dokumen elektronik lainnya yang menjelaskan tentang alur pemikiran tasawuf tasawuf amali dengan ulasan analitis terhadap kajian historis. Istilah tasawuf amali adalah istilah amaliah praktis yang telah hadir sejak zaman nabi Muhammad SAW, namun dari segi nama baru terwujud pada priode keempat hijriyah. Pelaku pertama dari ajaran tasawuf amali ialah baginda nabi Muhammad SAW, di bawah situasi dan kondisi politis, sosial dan budayannya yang kuat. Abad modernisasi saat ini tasawuf amali secara langsung dan praktis memberikan konstribusi kajian tasawuf yang senantiasa dinamis dan memerlukan relevansi sesuai dengan perkembangan zaman, yang artinya internalisasi pola kepemimpinan dan kajian tasawuf mengalami kelonggaran, dan keringanan. Unsur-unsur sejarah tidak menjadi perhatian utama namun menjalankan priodesasi keilmuan yang baik dan menghadirkan alur sanad yang kuat dan relevan dengan media sosial merupakan sikap untuk memberikan perbaikan pemikiran sejarah tasawuf kepada orang lain agar menyampaikan pendapatnya, sekalipun pendapatnya salah dan variatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...