An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 5 No. 1 (2025): Mei 2025

Sistem Penjaminan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP MBS Bumiayu

Rokhmah, Dewi (Unknown)
Subhi , Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP MBS Bumiayu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan sistem penjaminan mutu pembelajaran PAI secara komprehensif melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang terstruktur. Perencanaan mutu dilakukan dengan menyusun kurikulum, silabus, dan RPP yang sesuai standar nasional serta nilai-nilai pesantren. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya dan media pembelajaran yang tersedia, serta metode pengajaran yang relevan dengan karakteristik siswa. Evaluasi mutu dilakukan secara berkala melalui tes tertulis, tugas proyek, observasi kelas, dan supervisi kepala sekolah. Selain itu, SMP MBS Bumiayu telah menerapkan delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam pembelajaran PAI, mencakup standar isi, proses, lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian. Peran kepala sekolah dan guru PAI menjadi kunci utama dalam menjaga dan meningkatkan mutu pembelajaran. Kendala seperti keterbatasan dana dan waktu diatasi melalui strategi kolaboratif dan pemanfaatan sumber daya yang ada. Dengan sistem penjaminan mutu yang kuat, pembelajaran PAI di SMP MBS Bumiayu berjalan efektif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...