Krisis moral yang melanda Indonesia memunculkan perhatian terhadap peran lembaga pendidikan dalam membentuk karakter generasi muda. Penelitian ini menyoroti tantangan dalam pendidikan agama Islam di SMP, terutama dalam menghadapi perubahan sosial dan teknologi. Guru PAI dihadapkan pada tugas yang kompleks untuk menyelaraskan pendidikan agama dengan kebutuhan siswa yang semakin beragam. Namun, peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, terutama di SMPN 11 Mataram, belum sepenuhnya optimal. Kecerdasan spiritual memiliki dampak positif pada pembentukan kepribadian siswa. Oleh karena itu, penelitian dan pengabdian yang lebih intensif diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini, termasuk pemahaman mendalam terhadap pendidikan agama, kebutuhan siswa, dan pengembangan metode pengajaran yang efektif. Dengan demikian, diharapkan pendidikan agama Islam dapat berperan secara maksimal dalam membentuk karakter dan kecerdasan spiritual generasi muda Indonesia.
Copyrights © 2024