Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 12, No 1 (2024): MARET 2024 - APRIL 2024

Media Geogebra dan Kertas Berpetak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dalam Situasi Discovery Learning

Suryadinata, Nurain (Unknown)
Haikal, Luthfi Azmi (Unknown)
Asnawati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

This research aims to determine the effect of Geogebra and checkered paper on improving mathematical critical thinking skills in Discovery Learning situations. The population in this study was all class IX students of SMP Negeri 2 Seputih Agung, totaling 151 students distributed in five classes. The sample was selected using a cluster random sampling technique to obtain two classes. The research design used was the randomized pretest-posttest control group design. This research data is in the form of quantitative data obtained from test instruments for students' mathematical critical thinking abilities that have met valid and reliable criteria. Based on the results of data analysis using the Mann-Whitney U test with α=0.05, it was concluded that in learning using the discovery learning model, the increase in students' mathematical critical thinking skills in classes that used Geogebra media was higher than in checkered paper media. Keywords: checkered paper; discovery learning; geogebra; mathematical critical thinking AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Geogebra dan kertas berpetak terhdap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dalam situasi Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Seputih Agung sebanyak 151 siswa yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dengan  diperoleh kesimpulan bahwa pada pembelajaran menggunakan model discovery learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di kelas yang menggunakan media Geogebra lebih tinggi dibandingkan media kertas berpetak.Kata Kunci: berpikir kritis matematis; discovery learning; geogebra; kertas berpetak DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v12i1.pp39-53

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MTK

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung menerima artikel ilmiah terkait penelitian di bidang pendidikan matematika yang meliputi: 1. Kurikulum Pendidikan Matematika 2. Metode Pembelajaran Matematika 3. Media Pembelajaran Matematika 4. Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dan Informasi ...