LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI PARAGRAF NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI MUARA MEGANG

Yosepha, Venti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia mengarahkan pada keterampilan berfikir kritis. Pada kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang siswa dituntut memahami indikator pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 68.09 dengan ketuntasan klasikal 40,74%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 72,77 Dengan ketuntasan klasikal 70,37%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 78,14 dengan ketuntasan klasikal 92,59%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 4,26 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 29,63%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 5,37 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 22,22%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 9,63 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 52,12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Student Team Achevement Division (STAD) kemampuan mengubah teks wawancara menjadi paragraf narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang dapat meningkat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...