Tujuan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis Teks Narasi melalui model pembelajaran Peer Tutoring pada siswa kelas VIII SMP Negeri Sumber Harta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas meliputi pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes (Observasi). Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 68,18 dengan ketuntasan klasikal 59,09%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 74,09 Dengan ketuntasan klasikal 72,72%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 76,59 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 5,91 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 13,63%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 2,5 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 13,64%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 8,41 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 18,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Peer tutoring kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri Sumber Harta dapat meningkat.
Copyrights © 2022