Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 3, No 2 (2017)

Strategi Komunikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Syahrul Abidin (Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2017

Abstract

Abstraks: Penelitian ini bertujuan membahas tentang strategi komunikasi guru kepada siswa dalam meningkatkan prestasi siswa. Menurut peneliti hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan prestasi siswa adalah menyangkut waktu luang atau kesempatan berkumpul (berdiskusi) antara guru dan siswa.Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti sebagai instrument kunci, dari hasil wawancara peneliti memberikan gambaran bahwa strategi komunikasi guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah lebih kepada ganjaran, dalam kenyataannya guru sering salah mengartikan strategi ini, guru hanya memahami berupa hukuman yang diberikan kepada siswa yang bersalah, padahal seharusnya ganjaran itu juga diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bentuk hadiah, pujian dan lain-lain. Strategi komunikasi yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah dapat berjalan dengan baik apabila orang tua dapat bekerjasama dalam hal komunikasi yang interaktif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...