Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
Vol 3, No 1 (2017)

AKHLAK SISWA DI MAL UIN SU MEDAN

Ramadhani Hasibuan (Pascasarjana UIN Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problema pembinaan akhlak siswa di tinjau dari sudut guru, siswa dan lingkungan sekolah, mengetahui pembinaan siswa melalui berbagai aktifitas belajar baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dan mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di MAL UIN SU Medan.          Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yaitu peneliti melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, yakni prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Artinya, peneliti menganalisis dan menggambarkan penelitian secara objektif dan mendetail untuk mendapatkan hasil yang akurat.          Dalam penelitian deskriptif ini peneliti berusaha mencatat, menganalisis dan menginterpretasi kondisi yang ada. Artinya mengumpulkan informasi tentang keadaan yang ada dengan variabel yang menjadi indikasi dalam penelitian ini.Hasil yang didapat bahwa problematika pembinaan akhlak siswa di MAL UIN SU Medan ditinjau dari sudut guru berkaitan dengan pandangan guru yang masih keliru terhadap tugasnya. Perbedaan karakter siswa dan masa remaja dan kelabilan emosi, dan Suasana lingkungan pendidikan atau sekolah menjadi problem pembinaan akhlak siswa bagi guru.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ihya

Publisher

Subject

Education

Description

Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' ...