Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 1 (2024): EDUNOMIKA

THE INFLUENCE OF FINANCIAL LITERACY AND DIGITAL LITERACY ON NON-CASH TRANSACTION PREFERENCES

Alfiana, Alfiana (Unknown)
Mulastih, Listiana Sri (Unknown)
Sasongko, Restu Widyo (Unknown)
Ristati, Ristati (Unknown)
Amri, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Abstract Seiring dengan kemajuan zaman transaksi non-tunai dapat menjadi opsi dalam menggantikan transaksi tunai. Transaksi non-tunai harus didukung karena memiliki sejumlah dampak positif salah satunya mengurangi jumlah uang yang beredar di tengah masyarakat. Terdapat sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi preferensi transaksi non-tunai diantaranya pengikatan literasi keuangan dan literasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanotri terhadap 250 mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia berupa kota padang, Jakarta, Samarinda, dan Makassar. Data yang digunakan disebarkan melui kuisioner dengan skala likert 1-5 berisi setuju, sangat setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan variabel Financial Literasi dan Digital Literacy memiliki arah hubungan positif dan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Non-Cash Transaction Preferences. Keywords : Digital Literacy, Financial Literacy, Non-Cash Transaction Preferences.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...