Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 2 (2024): EDUNOMIKA

PENINGKATAN FINANCIAL BEHAVIOR MELALUI FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL EXPERIENCE (STUDI PADA PELAKU UMKM DI INDONESIA)

Sitompul, Pretty Naomi (Unknown)
Patni, Ni Luh Putu Suarmi Sri (Unknown)
Munir, Sjaiful (Unknown)
Kraugusteeliana, Kraugusteeliana (Unknown)
Indrianti, Merita Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya financial behavior bagi pelaku UMKM untuk mengambil keputusan keuangan secara khusus dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh financial literacy dan financial experience terhadap financial behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada pelaku UMKM di Indonesia. Sampel penelitian ini sebanyak 50 pelaku UMKM dengan menyebar kuesioner melalui google form. Data yang terkumpul di analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial behavior, 2) financial experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial behavior, dan 3) financial literacy dan financial experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial behavior. Hasil penelitian ini mengisyaratkan jika pelaku UMKM ingin meningkatkan financial behavior maka pelaku UMKM juga harus meningkatkan financial literacy dan financial experience.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...