Abstrak Strategi pengembangan pariwisata dan pengembangan wisata alami dalam era digitalisasi menjadi subjek utama penelitian ini. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, jurnal, dan laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan deduktif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia sudah mampu mengembang wisata alam yang dimilikinya dalam era digitalisasi saat ini, dilihat dari beberapa destinasi wisata di berbagai daerah sudah menerapkan digitalisasi wisata sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses lokasi wisata yang ingin dikunjunginya dan membuat planning perjalanan wisata dengan mudah tanpa batas ruang dan waktu. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah, pengelola dan masyarakat yaitu bagaimana rencana pemasaran pariwisata secara efektif dengan tetap mempertimbangkan kepentingan pengunjung lainnya. Serta begaimana rencana pemerataan digitalisasi wisata di berbagai daerah untuk memudahkan pengunjung mengetahui keberadaan wisata tersebut. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pariwisata, Wisata Alami, Era Digital
Copyrights © 2024