Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 3 (2024): EDUNOMIKA

Analisis Pilihan Karir Mahasiswa Dengan Pendekatan Cashflow Quadran (Studi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo)

Setiawan, Edi Indra (Unknown)
Musniwan, Musniwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pilihan karir mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo dengan pendekatan Cashflow Quadrant. Pendekatan ini membagi sumber pendapatan individu ke dalam empat kuadran, yaitu karyawan, wiraswasta, pemilik bisnis, dan investor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa yang sedang mempertimbangkan pilihan karir mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih cenderung memilih jalur karir sebagai karyawan dan wiraswasta, dengan pertimbangan utama berupa stabilitas keuangan dan minat pribadi. Namun, masih terdapat potensi untuk mengembangkan pemahaman dan minat mahasiswa terhadap kuadran pemilik bisnis dan investor, yang menawarkan peluang kebebasan finansial yang lebih besar. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan pendidikan keuangan dan pengembangan kewirausahaan di lingkungan kampus untuk memperluas pilihan karir mahasiswa. Keywords : Pilihan karir, Cashflow Quadrant, mahasiswa, IAIN Palopo, pendidikan keuangan, kewirausahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...