RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 3 (2024): RISTEKDIK : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JULI-SEPTEMBER 2024

UPAYA PREPENTIF DALAM MENCEGAH PERILAKU CYBERBULLYING MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Hastin, Ma'fufah Hastin (Unknown)
Setiawati, Denok (Unknown)
Widjanarko, Koes (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2024

Abstract

Masifnya penggunaan tekgnologi dan internet yang sudah sangat canggih di era saat ini oleh peserta didik, guru BK perlu melakukan layanan klasikal secara tepat agar peserta didik dapat memahami bahaya cyberbullying sebagai satu langkah preventif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan klasikal sebagai upaya pencegahan perilaku cyberbullying pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 di kelas XII SMAN 11 Surabaya Tahap-tahap yang dipaparkan tersebut merupakan tahapan dalam satu siklus. Siklus berikutnya, tahap perencanaan direvisi dengan megurangi pernyataan atau kegiatan dalam layanan yang dilakukan yang bersifat mengontrol peserta didik. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan mampu mengubah pemikiran, perilaku dan sikapnya kearah yang baik dan positif dengan tidak melakukan cyberbullying, tergerak menciptakan lingkungan sekolah yang damain dan menjunjung nilaii-nlai kemanusiaan melalui proyek yang telah dikerjakan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...