Penelitian ini mengkaji efektivitas program bimbingan dan konseling (BK) dalam mengatasi masalah akademik dan pribadi siswa di MAN Insan Cendekia Jambi. Menggunakan pendekatan penelitian lapangan kualitatif, penelitian ini bersifat deskriptif dengan fokus pada implementasi dan hasil layanan BK. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa dan dua guru BK, serta kuesioner daring yang disebarkan kepada 65 siswa. Untuk memastikan validitas data, triangulasi dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, kuesioner, dan dokumen sekolah terkait. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian, dan verifikasi. Hasil menunjukkan bahwa layanan BK efektif mendukung siswa dalam menghadapi tantangan akademik dan pribadi melalui pendekatan empatik dan komprehensif. Temuan ini memberikan wawasan praktis untuk pengembangan layanan BK di masa depan. Penelitian lanjutan diharapkan dapat mengeksplorasi strategi inovatif untuk meningkatkan efektivitas program BK.
Copyrights © 2025